Sebagai anak muda, sudah sepatutnya kita menumbuhkan sikap cinta negeri dalam diri kita. Namun, jangan sampai hal tersebut hanya bertahan di ucapan saja. Kamu bisa memulainya lewat hal-hal kecil, contohnya seperti beberapa sikap di bawah ini:

1. Taati peraturan yang berlaku

http://iab.unpar.ac.id/

Wujudkan bentuk kepedulianmu akan ketertiban sekitar dengan menaati peraturan yang berlaku. Sebab jika bukan kita yang memulai, lantas siapa lagi?

2. Hargai keanekaragaman dan perbedaan yang ada

https://rsr.akvo.org/en/project/6317/update/18210/

Salah satu wujud cinta Indonesia bisa ditunjukkan lewat pemaknaan sikap toleransi. Pahamilah bahwa Indonesia memang kaya akan diversitas; rangkul keanekaragaman tersebut. Pun saat ada orang yang berbeda pendapat denganmu; jangan anggap mereka sebagai lawan, namun sebagai kawan yang membangun.

3. Dukung kemajuan produk dalam negeri

http://marketeers.com/wp-content/uploads/2016/09/Jakarta-in-Motion.jpg

Konsep mendukung produk dalam negeri ini bisa diwujudkan melalui dua hal. Yang pertama ialah dengan menggunakan produk lokal buatan dalam negeri. Yang kedua ialah dengan memberikan kritik yang membangun, apabila dirasa dibutuhkan. Dengan begitu, para pelaku bisnis asli Indonesia juga bisa bertumbuh dan menciptakan produk berkualitas yang siap bersaing.

 

4. Hindari praktik budaya yang kotor

https://twitter.com/hashtag/garagaraEKTP?src=hash

Korupsi–atau bahkan yang paling sederhana seperti mencontek sekalipun–adalah beberapa contoh di dalamnya. Jangan biarkan dirimu ikut terseret di dalam praktik tak terpuji seperti ini. Beranikan diri untuk menjungjung apa yang kamu anggap benar, lalu jadilah agen perubahan di lingkungan sekitar.

 

5. Aktif membangun

http://www.wwf.or.id/?56002/Diskusi-Tentang-Peran-Anak-Muda-Terhadap-Keberlanjutan-Sumber-Daya-Alam

Terakhir, wujudkanlah bentuk kecintaanmu akan negeri dengan aktif membangun lingkungan masyarakat sekitar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyampaikan saran dan kritik yang membangun, sebagai masukan positif. Namun lebih dari itu, kamu juga bisa aktif membangun masyarakat melalui tindakan nyata yang benar-benar bisa berdampak langsung.

Melalui Millennials Berkarya, sudah banyak anak muda yang mencoba menyalurkan ide mereka untuk pengembangan lingkungan sosial kemasyarakatan. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Terlebih, di komunitas ini kamu bisa mendapatkan banyak sekali inspirasi positif yang dapat dijadikan motivasi untuk berbuat nyata bagi masyarakat. Selagi muda dan bisa, kenapa tidak?

 

Sumber gambar : https://www.futuready.com/artikel/family/pemuda-indonesia-lakukan-7-hal-ini-sebagai-bukti-nasionalisme/