Pertama kali dikumandangkan pada tahun 1928, para leluhur kita meyakini bahwa Sumpah Pemuda bisa menjadi landasan bagi para penerus bangsa untuk menjelma menjadi ‘Indonesia yang sesungguhnya’. Itulah sebabnya, hingga saat ini semangatnya seakan tak pernah usang dan selalu dikumandangkan.

Namun kini 89 tahun telah berlalu, apa saja yang sebenarnya sudah terjadi? Seperti apakah kehidupan generasi Millennial saat ini? Masihkah mereka beresonansi dengan semangat Sumpah Pemuda, yang sangat diagungkan oleh para leluhur?

Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin terdengar klise, namun pada dasarnya bisa menjadi refleksi yang sangat mendalam bagi anak-anak muda di masa kini. Tak bisa dipungkiri, perkembangan zaman dan kemajuan teknologi di dalamnya membuat kehidupan jadi jauh berubah. Segala perubahan tersebut pun turut mempengaruhi perilaku dan pola pikir Millennial, termasuk mengenai dedikasi mereka akan perkembangan lingkungan sosial kemasyarakatan.

 Potret Millennial masa kini, sudahkan sejalan?

http://www.ycabfoundation.org/id/berita-highlight/anak-muda-di-10-kota-meluncurkan-kampanye-kitaindonesia-untuk-lawan-diskriminasi/

 

Pada hakikatnya, dalam setiap perubahan pasti akan muncul pro dan kontra. Begitupun dengan kehidupan generasi muda saat ini. Meski selalu ada keraguan dari berbagai pihak yang menyangsikan kepedulian anak muda, kita patut mengapresiasi bahwa masih banyak dari mereka yang memiliki jiwa sosial tinggi.

Tak perlu menunggu momen Sumpah Pemuda, tiap-tiap dari anak muda tersebut bergerak untuk mewujudkan lingkungan sosial kemasyarakatan yang baik dan beradab. Tak jarang, apa yang dilakukan bukanlah untuk mereka, namun untuk masyarakat yang lebih besar lingkupnya. Berbagai kemajuan teknologi yang awalnya dikhawatirkan bisa membuat mereka malas, justru dimanfaatkan oleh anak muda untuk mempermudah misi mulia tersebut. Maka tanpa sadar, apa yang dicita-citakan oleh para pencetus Sumpah Pemuda pun jadi sejalan: Indonesia yang satu.

Dalam rangka memperingati 89 Tahun momen Sumpah Pemuda, maka Millennials Berkarya pun berinisiatif untuk mengajak Millennials memberikan aspirasi mereka akan masa depan Indonesia. Melalui kompetisi #MimpiMillennialsUntukIndonesia, siapapun bisa menunjukkan opini mereka melalui foto atau video; membuat suara mereka didengar oleh lebih banyak orang, tanpa batasan waktu dan tempat. Caranya mudah; kirimkan foto, video, ataupun audio buatanmu yang sesuai dengan semangat #MimpiMillennialsUntukIndonesia, lalu mention ke @MillennialsBerkarya.

Kompetisi Instagram ini akan berlangsung hingga 28 Oktober, dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada 3 November mendatang. Jadi, tunggu apalagi? Pastikan kamu jadi bagian dari generasi Millennials yang berani menyuarakan pendapat nyata mereka, demi Indonesia yang lebih baik!

 

 

Sumber gambar : https://www.beritajogja.id/2016/08/22/swag-interest-ajak-anak-muda-jogja-bijak-kelola-uang/