1001 Solusi

Assalamualaikum wr. wb.
Sampurasun.
Halo guys. Gue Rizky. Gue salah satu mahasiswa tingkat akhir di salah satu Universitas Islam yang ada di Bandung. Gue ikutan kompetisi penggalangan dana #MillennialsBerkarya yang didukung penuh oleh Semen Indonesia dan di support juga oleh kitabisa.com (#1 Indonesia’s crowdfunding platform). Alhamdulillah banget gue bisa masuk finalis 10 besar. Entah mimpi apa. Mimpi durian runtuh engga. Mimpi runtuh durian juga engga. Pokonya diluar dugaan yang asalnya udah pesimis Alhamdulillah banget Tuhan kasih gue kesempatan buat masuk finalis dan berhak mengikuti coaching clinic di Jakarta langsung sama tim dari kitabisa.com dan Semen Indonesia melalui komunitas Millennials Berkarya pada tanggal 24-25 Agustus 2017.
 Acara utama dari coaching clinic yang gue ikutin udah pasti penjurian kompetisi tersebut. Acara puncaknya yaitu Awarding Night di hari Jumat, 25 Agustus 2017 pukul 18.30-22.00. Gue dapet banyak hal di acara puncak ini salah satunya materi yang disampein sama Alfatih Timur (nama millennialsnya Timi dan gue panggil Bang Timi).

 

 

Millennials itu pemuda yang lahir antara tahun 1980-1995. Ada juga yang bilang antara tahun 1985-2000. Tapi intinya sama menurut gue. Millennials yaitu anak muda zaman sekarang yang hidup di zaman milenium yang punya tren sosial yang bagus.

Nah kata Bang Timi ini millennials itu sebutan untuk anak muda yang doers, altruistic, dan tolerance.
1. Doers, artinya mau melakukan aksi nyata. Bukan sekedar kritik kosong atau idealisme tanpa realisasi.
2. Altruistic. Gue inget materi kuliah tentang alturisme. Jadi alturisme itu sifat dan sikap dimana seseorang lebih mementingkan kebutuhan orang lain daripada kebutuhan dirinya sendiri. Nah para millennials ini rela menyisihkan sebagian apa yang mereka punya bisa uang, barang, atau bahkan tenaga dan rela diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Lahirlah gerakan-gerakan luar biasa yang hadir dari para millennials ini.
3. Tolerance, sikap ini dimiliki oleh para millennials. Atas nama kemanusiaan mereka menjunjung tinggi persatuan dan saling bahu membahu dalam membangun bangsa Indonesia.

Nah dari ketiga poin itu jika digabungkan lahirlah #orangbaik. doers+altruistic+tolerance = #orangbaik

Menurut gue #orangbaik ini adalah solusi bagi semua masalah yang ada di Indonesia. Coba lu banyangin kalo semua pemuda Indonesia jadi millennials berapa banyak orang yang akan terbantu, berapa banyak masalah sosial yang akan selesai, berapa banyak kemajuan yang akan terjadi di negeri ini.
Kaya di film “Pay it Forward“, kebaikan itu kaya MLM. Ibarat kata lu melakukan kebaikan sama 3 orang terus orang itu mau balas budi, tapi balas budinya dengan cara melakukan kebaikan ke 3 orang yang lainnya lagi, coba bayangin sampe kapan kebaikan akan berhenti. Ga akan pernah berhenti itu kebaikan. Coba deh.

sumber: https://www.instagram.com/rizky.ans

Jadi buat para pemuda-pemudi Indonesia ayo kita bareng-bareng jadi millennials untuk bangsa ini. Ayo kita bergandengan tangan jadi solusi untuk negeri ini. Yang biasa kritik keras dan pedas, yang biasa kritik lembut dan santun, pun juga yang biasa kritik dengan diketik, ayo kita bersama-sama memberikan kritik dengan aksi nyata sebagai solusi atas permasalahan yang kita kritik. Indonesia butuh kalian. Indonesia butuh kita. Percayalah masalah dilahirkan berpasangan dengan solusi kaya lu dilahirkan berpasangan dengan doi jodoh lu.
So, inget millennials inget solusi.

I’m muslim and I love Indonesia.

Sampurasun.
Wassalamualaikum wr. wb.

 
Sumber tulisan: http://rizkyans25.blogspot.co.id/2017/08/millennialssolusi.html