Banyak dari kita menganggap pendidikan formal merupakan hal paling penting untuk dimiliki. Meskipun hal ini tak sepenuhnya salah, tapi ternyata pendidikan formal bukan satu-satunya hal yang bisa membuka pemikiranmu. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar pemikiranmu terbuka lebih lebar lagi. Berikut ini adalah lima di antaranya:

Menjadi relawan di sebuah komunitas atau yayasan sosial.

Bergabung sebagai relawan di dalam sebuah komunitas atau yayasan sosial merupakan salah satu kontribusi langsung yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa bergabung dalam komunitas atau yayasan sosial apapun yang membuat hatimu tergerak, misalnya seperti komunitas pencinta lingkungan, yayasan kesehatan atau yayasan pendidikan. Memberikan kontribusi pada masyarakat tidak harus selalu dengan uang, tetapi juga bisa dengan tenaga dan pemikiran.

Berbagi ilmu dengan memberikan pendidikan gratis kepada anak-anak yang tidak mampu bersekolah.

Mungkin kamu belum menyadari bahwa pengetahuan yang kamu miliki dapat memberikan dampak yang sangat positif pada lingkunganmu. Kamu tidak harus memiliki gelar yang tinggi atau sertifikat pendidikan untuk berbagi ilmu kepada orang-orang di sekitarmu yang membutuhkannya. Jika kamu memiliki waktu luang, kamu bisa memberikan les gratis pada anak-anak yang tidak mampu untuk ke sekolah, seperti yang dilakukan oleh Ali dan Hamidun, yakni dua pemuda Millennials yang berinisiatif memberikan pendidikan gratis untuk anak-anak yang kurang mampu di kecamatan Selimbau, Kapuas, meskipun hanya menggunakan sebuah gedung serbaguna yang mereka pinjam di desa tersebut. Tidak hanya itu, Ali dan Hamidun pun turut mengajak anak-anak muda lainnya untuk meneruskan perjuangan mereka.

Membuat karya yang tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Tentunya kamu pasti bangga apabila kita berhasil membuat suatu karya yang mendapat banyak pujian dari banyak orang. Akan tetapi, apakah kamu pernah berpikir untuk membuat karya yang tidak hanya menguntungkan diri sendiri tetapi juga bermanfaat bagi orang lain? Contohnya, seperti Benny Fajarai, CEO dari Qlapa.com, yakni sebuah platform yang memberikan peluang bagi pengrajin-pengrajin lokal untuk memasarkan dagangannya. Tak semata-semata ingin meraih untung, Benny juga ingin mengembangkan industri dalam negeri. Sebelumnya, ia juga pernah mendirikan kreavi.com, yakni sebuah platform yang mempertemukan pekerja-pekerja seni di Indonesia yang meliputi desain grafis, sinematografi, web design, dan sebagainya.

Traveling ke berbagai tempat untuk melihat langsung keadaan di sekitar dan memetik pelajaran dari pengalaman setiap orang yang kamu temui.

Jika kamu gemar traveling, kali ini cobalah untuk melakukannya dengan niat yang sedikit berbeda, yakni untuk mengeksplorasi berbagai hal di setiap tempat yang kamu kunjungi. Kalau biasanya kamu sekedar jalan-jalan, mungkin kali ini kamu bisa mengamati dan menganalisis berbagai situasi dan kondisi yang kamu lihat. Kamu juga bisa berdiskusi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda dan kamu bisa mengambil pelajaran dari pengalaman hidup mereka. Dengan begini, kamu akan memiliki pengetahuan yang lebih luas terhadap dunia dan kamu juga bisa membagikannya pada orang lain.

Menyumbangkan ide untuk membantu membangun ketertinggalan.


Jangan remehkan setiap ide positif  yang terbesit di kepalamu, sesederhana apapun itu. Jika selama ini kamu tidak tahan melihat ketertinggalan yang ada di sekitarmu, mungkin inilah saat yang tepat bagi kamu untuk melakukan aksi. Kamu bisa memulainya dengan menceritakan idemu pada orang-orang terdekatmu dan kalian bisa saling bertukar pikiran. Ingat bahwa tidak ada aksi yang bisa dilakukan tanpa sebuah ide. Ide yang mungkin kamu pandang sebelah mata bisa jadi sangat bermanfaat bagi lingkunganmu.

Nah, terbukti kan bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat dunia ini menjadi lebih baik. Mengembangkan diri sendiri tentu saja perlu, namun hidup ini akan lebih bermakna ketika kita juga bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita.

 

Sumber Gambar :
blogspot.com
http://2.bp.blogspot.com
kitabisa.com
http://static.flickr.com
phinemo.com
selisip.com