Mereka adalah pahlawan muda bangsa dan kita patut bangga!

Muda bukan berarti belum bisa berbuat apa-apa. Hal ini dibuktikan oleh beberapa anak muda dari negara kita tercinta ini. Dari negara kita yang sedang berkembang, tercetak prestasi dalam berbagai bidang, bahkan beberapa berhasil mengharumkan nama bangsa hingga kancah internasional. Siapa sajakah mereka ini?

1. Hafiza Elvira

Menjadi sukses tidak cukup, kita juga harus bermanfaat bagi orang lain. Itulah yang dapat terlihat pada diri Hafiza Elvira. Fiza adalah seorang socialpreneur muda pemimpin Nalacity Foundation yang memberdayakan  ibu-ibu penderita kusta untuk bekerja dengan membuat jilbab unik khas Nalacity. Wow! Sudah sukses, dapat memberdayakan orang lain.

2. Nadine Chandrawinata

Artis cantik sekaligus penyandang gelar Puteri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata tergabung dalam Federation Internationale de Natation (FINA) dan pada tahu ini berniat memberi edukasi berenang bagi 1000 anak Indonesia. Hal ini dilakukannya dengan harapan anak-anak di Indonesia tidak hanya gemar main air, tapi juga tidak takut untuk berenang, terlebih karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

3. Tex Saverio

Siapa yang tak tahu dengan Tex Saverio? Desainer muda pemilik brand TEXSAVERIO ini telah mendunia dengan karya-karyanya yang fenomenal. Karyanya pernah dipamerkan dalam Harper’s Bazaar di AS, Paris Fashion Week, dan lain sebagainya. Sekadar info, desainer ini bahkan tidak menamatkan pendidikan SMA-nya, lho! Ia paham betul dengan cita-citanya yang besar dalam bidang mode, dan berkat kerja keras dalam passion tersebut, ia telah membanggakan Indonesia di mata dunia.

4. Bayu Santoso

Bayu yang suka menggambar sejak kecil ini menorehkan prestasi dengan memenangkan lomba desain untuk artis-artis internasional. Pertama poster untuk Billy Joel, pembawa lagu Uptown Girl, kemudian desain cover album untuk Maroon 5 pada 2014 lalu. Dalam desainnya pun, ia membawakan ornamen khas Indonesia. Cover album yang dibuatnya tersebut dipasarkan sebagai versi limited edition. Woo-hoo!

5. Rini Sugianto

Pernah nonton film-film populer ini? Adventures of Tintin: Secret of Unicorn, Hobbit 1, Hobbit 2, Hunger Games: Catching Fire, Iron Man 3, TMNT, Avengers 1 dan Avengers 2. Ternyata animasinya digarap oleh anak muda negara kita sendiri, lho! Rini Sugianto, lulusan Academy of Art University San Fransisco ini berhasil membuktikan bahwa animator Indonesia memang tidak bisa diremehkan.

6. Christiawan Lie

Ilustrator kelas dunia yang merupakan lulusan ITB ini telah menggarap komik-komik internasional. Setelah lulus dengan predikat cum laude, ia beasiswa penuh di Savannah College of Art and Design, Savannah, Amerika Serikat. Di negara itulah dia mulai berkarir dan berprestasi menghasilkan tokoh-tokoh komik terkenal, seperti G.I. Joe, Transformer, Street Fighter 4, dan Monster Hunter.

7. Agnes Monica

NEZindaClub mana suaranya? Tidak perlu berpanjang-panjang, semua orang kenal akan prestasi artis Indonesia yang kini telah menunjukkan kemampuannya sebagai artis internasional ini. Dulu dia diremehkan, sekarang ia menunjukkan bahwa dengan slogan “dream, believe, and make it happen”, tidak ada yang tidak mungkin.

8. Dea Valencia

Satu lagi entrepreneur muda sukses Indonesia, Dea Valencia. Gadis cantik ini berhasil meraup ratusan juta per bulan dengan berdagang batik di bawah nama Batik Kultur. Sejak usia 16, ia sudah berkreasi dengan menggunakan batik-batik lawas. Kini di usia 20, ia sudah mendapatkan milyaran rupiah per tahun. Terbukti sudah, bahwa usia bukan halangan seseorang untuk menjadi sukses secara finansial.

9. Rio Haryanto

Pembalap kita ini sudah membawa namanya ke level internasional. Ia pernah menjadi satu-satunya pembalap F1 berumur 17 tahun yang berasal dari Asia Tenggara. Nggak hanya itu, ia juga dinobatkan sebagai Duta Nasional Anti-Narkoba dan Duta Komodo! Wah, keren ya.

10. Griselda Sastrawinata

Satu lagi gadis Indonesia yang menjadi animator internasional. Lulusan Art Center College of Design (ACCD) Pasadena, California ini bekerja di Dreamworks sebagai visual development artist. Ia telah menggarap berbagai animasi film, salah satunya adalah Shrek.

11. Andre Surya

Percaya nggak percaya, animasi film Transformer 3D adalah hasil garapan anak bangsa, yaitu Andre Surya. Tidak hanya film tersebut, masih banyak karyanya yang mendapatkan penghargaan. Hal yang nggak kalah keren adalah bahwa keterampilannya ini sudah diasahnya sendiri secara otodidak sejak duduk di bangku SMA!

12. Joey Alexander

Kecil-kecil cabe rawit. Joey (panggilan akrabnya)  yang berasal dari Bali ini adalah pianis cilik berbakat yang menorehkan prestasi di kancah internasional. Ia meraih prestasi pada Grand Prix 1st International Festival di Odessa, Ukraina dan mengalahkan 43 peserta dari berbagai belahan dunia sebagai peserta termuda. Tahun ini pun, ia sempat masuk koran New York Times di halaman pertama. Wah, gimana coba kalau udah besar?

13. Dougy Mandagy

Diawali dari mengamen, cowok asal Manado ini kini menjadi vokalis band indie The Temper Trap di Australia. Band inilah yang mambawakan soundtrack film 500 Days of Summer. Dougy mempunyai fans sendiri bahkan menjadi idola di Australia. Cihuy!

14. Yovita Lesmana

Finalis Miss Indonesia 2007 ini kini selain menjadi seorang entrepreneur muda, juga menjadi personality trainer. Ia mengenalkan kepada banyak orang tentang personal branding dan bagaimana bangga menjadi diri sendiri.

15. Daniel Mananta

Artis kece ini selain melejit melalui dunia entertainment, juga memiliki brand busana untuk anak muda dengan merk Damn! I Love Indonesia yang berada di berbagai mal di Indonesia. Melalui busana garapannya, ia ingin mempromosikan budaya lokal Indonesia sehingga mendapatkan impact global dengan cara revolusioner.

16. Maria Tri Sulistyani

Gadis yang akrab dipanggil Ria ini menciptakan pertunjukan teater boneka yang bisa disaksikan oleh penonton dewasa, dengan nama Papermoon Puppet Theater. Teater ini telah dipertunjukkan di berbagai negara seperti Vietnam, Malaysia, Singapura, India, Korea Selatan, Jepang, bahkan Amerika Serikat loh.

17. Elang Gumilang

Diawali dengan modal patungan bersama teman-teman SMA dan kuliahnya, Elang mulai mendirikan rumah-rumah dengan harga bersahabat untuk rakyat kecil. Dengan Elang Group miliknya, ia membangun berbagai perumahan dengan tawaran-tawaran seperti rumah dengan DP 1,5 juta dan cicilan 90 ribu per bulan! Elang menginspirasi kembali bahwa dalam bekerja kita juga harus memperhatikan manfaat sosial yang bisa kita berikan.

Terinspirasi? Sekarang pertanyaannya, apa yang bisa kamu lakukan untuk Indonesia tercinta?

 

Sumber gambar :
Cover: https://life.idntimes.com/inspiration/reinhard/17-anak-muda-paling-berpengaruh-di-indonesia/full