B.J Habibie pernah berkata, “Hanya anak muda sendirilah yang bisa diandalkan untuk membangun Indonesia, tidak mungkin kita mengharapkan dari bangsa lain”

Dilihat dari kalimat beliau dapat disimpulkan bahwa anak muda adalah tumpuan utama bangsa untuk melakukan perubahan. Tapi anak muda seperti apakah yang bisa memberikan dampak positif? Simak ulasannya dalam artikel berikut :

  1. Kritis terhadap situasi yang ada
    Untuk memajukan Indonesia, generasi muda (Millennials) harus kritis. Mereka wajib memiliki kepekaan melihat apa yang kurang dan bagaimana cara memperbaikinya. Dari sikap kritis tersebut anak muda dapat memberi masukan untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi.

2. Mindset positif

Karakter yang harus dimiliki pemuda Indonesia adalah cara berpikir positif. Mereka harus memiliki pemahaman bahwa meski ada banyak masalah yang terjadi, hal tersebut pasti bisa diselesaikan. Dengan mindset positif tersebut generasi muda akan semangat berjuang untuk memajukan Indonesia.

3. Mau bertindak nyata

Indonesia tidak akan pernah berubah kalau semua ide hanya ada di kepala. Indonesia membutuhkan anak muda yang mau bergerak dalam tindakan nyata. Tapi kadang masalahnya anak muda seringkali masih bingung harus mulai dari mana untuk melakukan perubahan.Karenanya untuk membantu anak muda menjadi agen perubahan, pada tanggal 20 Mei lalu diadakan seminar, talkshow, dan FGD mengenai hal ini. Bertempat di Kota Makassar, acara tersebut mengambil tema mengenai, “Aksi Nyata Anak Bangsa”. Beberapa pemateri yang hadir adalah Dirga Utama Mahardika, Fahri Amirullah, dan Cristiano Rian Tarra. Dirga Utama berbicara mengenai Peran Pemuda sebagai Agen Perubahan, Fahri Amirullah memberikan materi tentang Everything Millennials Need to Know About Fundraising, dan Cristiano Rian Tarra yang bicara tentang Start to Build Your Own Startups.Dikemas secara menarik, pembicara mengangkat materi berbeda namun masih dalam tema besar yang sama yaitu bagaimana anak muda bisa melakukan aksi nyata. Setelah pemateri melakukan presentasi diadakan sesi talkshow. Terakhir, narasumber dari Komunitas Millennials Berkarya mensosialisasikan mengenai kompetisi #Millennialsberkarya lalu peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk brainstorming memikirkan solusi terkait permasalahan sosial yang ada di lingkungan sekitar.

4. Senang menularkan sikap positif pada lingkungan sekitar

Membuat perubahan untuk Indonesia tentu tidak bisa dilakukan sendirian. Kamu harus mau dan bisa mengajak orang lain untuk turut serta. Ketika di lingkunganmu ada teman yang terus mengkritik situasi negara ini misalnya, ajak dia untuk melakukan tindakan untuk mengubah hal tersebut. Katakan pada orang tersebut mengkritik saja tidak akan membuat Indonesia lebih baik. Dengan kemampuan menularkan sikap positif, Indonesia akan memiliki banyak agen perubahan yang memajukan negara ini di masa depan.

5. Selalu mau belajar

Karakter utama yang biasanya dimiliki oleh pemuda dari negara maju adalah selalu mau belajar. Meski secara perkembangan ekonomi atau teknologi sudah lebih maju, tapi biasanya Millennials mereka tidak mudah puas. Terus belajar dan mau untuk berinovasi adalah karakter khas pemuda di negara maju. Nah semangat seperti inilah yang harus dipunyai oleh generasi muda Indonesia. Tentunya untuk mengembangkan karakter tersebut generasi muda dapat secara aktif bergabung dalam berbagai kegiatan positif yang ada disekitarnya.

Millennials Berkarya yang memiliki semangat mengajak generasi muda untuk menjadi agen perubahan tersebut pada tanggal 23 Mei kemarin mengadakan event di UNP (Universitas Negeri Padang). Menggandeng Komunitas Bonsai UNP, event untuk anak muda tersebut mengangkat tema: “Saatnya Yang Muda Berkarya”. Hadir dalam cara tersebut beberapa pembicara seperti Eka Putra Mardiani yang mengangkat tema “Bangun Daerah Oleh Pemuda” dan Dr. Poby Karmendra dengan materi “Pemuda Berani Beda, Start to Build Your Own Start”. Bukan cuma hanya mendengar materi, di event tersebut juga diadakan sesi tanya jawab dan FGD dengan fokus utama mengidentifikasi isu sosial yang terjadi di Padang, tantangan yang dihadapi generasi muda, serta solusi yang bisa diberikan berdasarkan kacamata masing-masing komunitas yang hadir.

Itu tadi 5 karakter milleniall yang bisa membuat Indonesia berubah menjadi lebih baik. Karenanya agar karakter tersebut terealisasi dalam wujud nyata, kalian bisa bergabung di Millennials Berkarya, tempatnya para generasi muda yang punya keinginan untuk mau menjadi agen perubahan untuk memajukan Indonesia.

Jika kamu sudah merasa siap menjadi bagian dari perubahan Indonesia, jangan tunda lagi untuk bergabung dengan Komunitas Millennials Berkarya. Sebab peran aktifmu sangat ditunggu oleh negara dan bangsa sekarang juga, wujudkan!

Sumber gambar :

Almamater Kami Mengajarkan Perdamaian

http://www.id.undp.org/content/indonesia/id/home/operations/un-volunteers/berita/berita-terbaru.html

http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/buketteungoh8/category/program-kkn/program-utama